Minggu, 12 November 2017

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Hallo! Saya Clara, akan memberikan sedikit informasi tentang tempat wisata TMII.
Taman Mini Indonesia Indah merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia di Jakarta Timur. Area seluas kurang lebih 150 hektar atau 1,5 kilometer persegi. Di Indonesia, hampir setiap suku bangsa memiliki bentuk dan corak bangunan yang berbeda, bahkan tidak jarang satu suku bangsa memiliki lebih dari satu jenis bangunan tradisional. Bangunan atau arsitektur tradisional yang mereka buat selalu dilatarbetakangi oleh kondisi lingkungan dan kebudayaan yang dimiliki. Di TMII, gambaran tersebut diwujudkan melalui Anjungan Daerah, yang mewakili suku-suku bangsa yang berada di 33 Provinsi Indonesia. Anjungan provinsi ini dibangun di sekitar danau dengan miniatur Kepulauan Indonesia, secara tematik dibagi atas enam zona; Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Tiap anjungan menampilkan bangunan khas setempat.

Disamping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya, kereta gantung, berbagai museum, dan Teater IMAX Keong Mas dan Teater Tanah Airku, berbagai sarana rekreasi ini menjadikan TMIII sebagai salah satu kawasan wisata terkemuka di ibu kota.

Berikut saya tampilkan daftar tiket masuk TMII dan tiket masuk dalam wahana dalam TMII :
Senin s/d Jum'at, Sabtu - Minggu, Hari libur
Perorangan Rp. 10.000,-
Mobil Rp. 10.000,-
Bus/Truk Rp. 30.000,-
Motor Rp. 6.000,-
Sepeda Rp. 1.000,-
Senin - Minggu Jam Operasional Pintu Masuk TMII 07.00 - 22.00 WIB


Museum Indonesia Rp. 15.000,-
Museum Prangko Indonesia Rp. 5.000,-
Museum Pusaka Rp. 10.000,-
Museum Transportasi Rp. 5.000,-
Museum Listrik dan Energi Baru Rp. 10.000,-
Museum Telekomunikasi Rp. 2.000,-
Museum Olahraga Nasional Rp. 2.000,-
Museum Asmat Rp. 10.000,-
Museum Timor-Timor Rp. 5.000,-
Pusat Peragaan IPTEK Rp. 16.500,-
Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA) Rp. 15.000,-
Museum Penerangan Bebas Biaya

SnowBay Water Park 09.00 - 18.00 WIB
Senin s/d Jumat Rp. 140.000,-
Sabtu & Minggu, Hari Libur  Rp. 180.000,-


Theater IMAX Keong Emas 09.00 - 17.00 WIB
Umum / Biasa Rp. 35.000,-/orang
VIP / Balkon Rp. 60.000,-/orang
Outbound - Harga terusan Rp. 65.000,-
Green Skate Park Rp. 15.000,-
Taman Legenda Keong Emas :
Senin s/d Kamis (10.00 - 17.00 WIB) Rp. 20.000,-
Jumat s/d Minggu, Hari Libur (10.00 - 18.00 WIB) Rp. 30.000,-
Petualangan Dinosaurus Rp. 30.000,-
Mata Legenda Rp. 20.000,-
Nirwata Kisar Rp. 20.000,-
Kapal Bajak laut Rp. 15.000,-
Kereta Beos Rp. 15.000,-
Ulat Selur Rp. 15.000,-
Anak Tirta Rp. 25.000,-
Titihan Samirono/Aeromovel : Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB) Rp. 30.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.30-18.00 WIB) Rp. 40.000,-
Kereta Gantung : Senin-Jumat (09.00-16.30 WIB) Rp. 40.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (08.30-18.00 WIB) Rp. 50.000,-
Kereta Api Mini : Senin-Jumat (09.00-17.00 WIB) Rp. 20.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (09.00-18.00 WIB) Rp. 25.000,-

*) Usia 2 Tahun sudah dikenakan 1 Tiket
Teater 4 Dimensi Senin s/d Jumat (09.00 - 17.00 WIB) Rp. 15.000,-
Sabtu-Minggu, Hari Libur (09.00 - 17.00 WIB) Rp. 25.000,-
Sky World Senin s/d Jumat (9.00-17.00 WIB) Rp. 60.000,-/Pax
Sabtu-Minggu, Hari Libur (8.00-17.00 WIB) Rp. 60.000,-/Pax

Saya akan menjelaskan unsur 5A yang terdapat pada tempat wisata TMII ini
1. Accomodation :
- Penginapan Marsya Prima Syariah
2.76 km dari TMII dengan harga Rp. 252.941
- Airy Syariah Raya Inpres Kramat Jati Jakarta
3.32 km dari TMII dengan harga Rp. 241.870
- Banggalawa Hotel
3.39 km dari TMII dengan harga Rp. 430.000

2. Activity :
- Bersepeda  mengelilingi area taman wisata yang luas, kita juga bisa berwisata dengan mampir-mampir ke anjungan, taman, atau museum yang ada. Harga sewanya mulai dari Rp 20.000 per jam
- Naik kereta gantung, Kereta gantung TMII memiliki tiga stasiun yaitu A, B, dan C dengan lintasan Stasiun A – Stasiun B dan Stasiun B – Stasiun C atau sebaliknya. Stasiun A berada di kawasan Desa Seni dan Kerajinan, Stasiun B terletak di seberang Anjungan Papua dan dekat dengan Taman Burung, sedangkan Stasiun C berada di sebelah utara lapangan parkir utara (dekat snowbay). pengunjung harus membayar Rp 40.000 per orang
- Nonton film di keong mas. Ada  3 teater pertunjukan yaitu teater IMAX keong mas, teater tanah airku, & teater 4D. Harga tiket untuk menonton film di teater keong mas ini mulai dari Rp 35.000 per orang
- Keliling museum. Ada 16 museum menarik yang dapat dikunjungi,yaitu :
Museum Indonesia
Museum Purna Bhakti Pertiwi
Museum Keprajuritan Indonesia
Museum Perangko Indonesia
Museum Pusaka
Museum Transportasi
Museum Listrik dan Energi Baru
Museum Telekomunikasi
Museum Penerangan
Museum Olahraga
Museum Asmat
Museum Komodo dan Taman Reptil
Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu
Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Museum Minyak dan Gas Bumi (Gawitra)
Museum Timor Timur

- Keliling taman dan anjungan
TMII juga terdapat sepuluh macam taman yang menunjukkan keindahan flora dan fauna Indonesia yaitu :
Taman Anggrek
Taman Apotek Hidup
Taman Kaktus
Taman Melati
Taman Bunga Keong Emas
Akuarium Ikan Air Tawar
Taman Bekisar
Taman Burung
Taman Ria Atmaja Park, panggung pagelaran musik
Taman Budaya Tionghoa

- Main air di Snowbay
Banyak pilihan permainan air yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sebut saja seluncuran-seluncura ekstrim bernama Hurricane, Flush Bow, cool running dan tube coaster. Ada juga kolam ombak yang memiliki ketinggian sampai 3 meter, dan kolam arus yang disebut dengan Thypoon River yang diklaim sebagai kolam arus terpanjang di Indonesia. Tiket masuk ke Snowbay ini seharga Rp 140.000 (weekdays) dan Rp 180.000 (weekend).

3. Amenities :
- Ada restoran, yakni Puri Caping Gunung dan Pondok Pecel Madiun.
- Anda juga bisa menemukan fasilitas art shop & gallery seperti Desa Seni Kerajinan, Sasana Kriya, dan Pasar Buku Langka.
- Bagi yang ingin mengadakan acara di TMII pun disediakan beberapa pendopo atau aula yang bisa disewa sewaktu-waktu.
- Di TMII ada beberapa pilihan transportasi, antara lain perahu angsa, mobil keliling, bus keliling, motor listrik, dan sepeda wisata.

4. Attraction :
- Atraksi seni dan budaya
Dalam upaya pelestarian dan pegembangan seni dan budaya, Taman Mini “Indonesia Indah” berperan sebagai jembatan yang memelihara kesinambungan hubungan nilai-nilai luhur budaya nenek moyang sampai pada kreatifitas budaya bangsa yang berakar dari tradisi. keseluruhan penampilan dalam karya tersebut dapat disaksikan setiap waktu di anjungan-anjungan daerah dan panggung-panggung pementasan lain.

- Paket acara khusus
Adalah kegiatan seni budaya dari 27 propinsi di Indonesia. Materi acaranya adalah upacara adat dan kesenian tradisional daerah. Dikemas dalam sajian yang unik dan menarik, saying untuk dilewatkan. Sambil menikmati hidangan khas daerah, pengetahuan akan khasanah budaya bangsa semakin bertambah kecintaan pada tanah air akan semakin dalam pula.

- Bazzar dan pameran yang semarak
Untuk menyemarakkan Pekan Liburan, pecan HUT (April), Pekan Lebaran, Pekan Agustus dan Pekan Desember, selalu dihadirkan aneka bazaar dan pameran. Selain keperluan sehari-hari, di situ dapat juga ditemui benda-benda khas, tentu saja dengan harga dan kualitas bersaing yang yang untuk dilewatkan

- Pendidikan dan bimbingan upaya meningkatkan kehalusan budi
Dalam menjalankan fungsi pendidikan dan bimbingan, TMII menyelenggarakan pendidikan dan bimbingan kesenian melalui anjungan daerah dan Istana Anak Anak Indonesia, tanpa melupakan ketrampilan lain yang berkaitan dengan penanaman kecintaan pada kebudayaan Indonesia. Pendidikan dan bimbingan tersebut meliputi : Aneka seni tari daerah, musik tradisional daerah, Karawitan Jawa, Sunda, Bali dan pendidikan penulisan artikel seni dan budaya. Salah satu upaya meningkatkan apresiasi anak terhadap musik, di Istana Anak-anak Indonesia diselenggarakan Pendidikan Musik Indonesia dengan bimbingan ahli-ahli musik Indonesia. Dan berbagai kegiatan diatas, diharapkan akan tumbuh generasi muda yang mencintai tradisi luhur serta budaya bangsanya sendiri.

- Kegiatan seni tari
Bermula dari pendidikan tari anak-anak dan remaja yang diselenggarakan di Istana Anak Anak “Indonesia” dan anjungan daerah, sampai dengan pergelaran berbagai jenis tari dalam berbagai peristiwa dan kesempatan.

- Seni teater
Dari teater tradisional sampai teater modern, diberi kesempatan untuk tampil di Taman Mini “Indonesia Indah” Ketoprak Gobyok Campur Sari, yang didukung artis-artis, pelawak, dramawan, ilmuwan dan penyiar TV kenamaan yang berasal dan berbagai suku bangsa, merupakan suatu bentuk inovatif dalam dunia teater tradisional. Pertunjukan yang menghibur dan rekreatif itu telah mengundang minat yang sangat besar dan masyarakat dan terus berkembang dan waktu ke waktu. Namun demikian, pesona teater tradisional, seperti ‘ketoprak, Ludruk, wayang wong tradisonaL’, dan yang lainnya tetap menarik untuk disaksikan.

- Gelar musik
Untuk menumbuh kembangkan apresiasi masyarakat terhadap seni music, TMII menyelenggarakan serangkaian kegiatan musik. Di anjungan daerah dan Istana Anak-anak Indonesia, secara rutin ditampilkan berbagai jenis musik antara lain, Karawaitan Jawa, Sunda dan Bali, Angklung, Gambang Kromong, Sasondo, Talempong dan musik-musik pop Indonesia. Di panggung-panggung terbuka Iainnya (termasuk di Sasana Langen Budaya pada waktu-waktu tertentu) juga ditampilkan aneka rnusik dangdut, keroncong, pop dan jazz untuk menghibur para pengunjung. Pengamen-pengamen keliling pun turut menyemarakan suasana.

- Seni pedalangan : “falsafah hidup dalam seni”
Dunia pedalangan tidak bisa dilepaskan dari wayang. Sebagai seni yang mengakar kuat dalam tradisi masyarakat, seni pedalangan sering disebut sebagai “Ensiklopedia hidup” karena didalamnya terkandung banyak segi kehidupan seperti ilmu pengetahuan dan filsafat. Untuk melestarikan dan terus mengembangkan seni pedalangan dan terus menarik minat masyarakat, khususnya generasi muda, diselenggarakan berbagai pergelaran wayang, baik yang berlangsung semalam suntuk maupun yang telah modifikasi menjadi “wayang modem”, yang singkat dan padat tanpa meninggalkan patokan patokan pedalangan.

5. Accessibility :
Menggunakan Mobil pribadi
- Dari kota Bekasi melewati Jalan Tol Lingkar Timur/Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (19.4km)
- Dari Ibu kota Jakarta melewati Jalan Tol Cililitan 2 (16.1 km) atau melewati Jalan Jenderal Ahmad Yani (19.0 km)
Menggunakan busway dari Tangerang Stasiun Batu Ceper
- Pukul 05.03 – 07.00 , 05.23 – 07.25 , 22.32 – 00.22 dengan harga Rp. 7.500
Menggunakan busway dari Jakarta Stasiun Tanahabang
- Pukul 22.12 – 23.17 dan 22.17 – 23.30 dengan harga Rp. 6.500
Menggunakan busway dari Jakarta Kota
- Pukul 22.10 – 23.30 dengan harga Rp. 6.500
Menggunakan busway dari Jakarta Stasiun Jatinegara
- Pukul 22.12 – 23.17 dengan harga Rp. 6.500




2 komentar:

  1. TMII menurut saya tempatnya bagus, banyak sekali museum dan banyak tempat-tempat yang asyik di dalamnya. Masih banyak pengunjung yang mendatangi TMII ini baik dari kalangan orang tua sampai anak-anak sekolah. Banyak yang berkeliling menikmati luasnya TMII dengan menggunakan sepeda atau berjalan kaki

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Hutan Taman Wisata Alam Gunung Meja

Satu lagi tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di Papua Barat, yaitu Hutan Wisata Gunung Meja berada di Amban tengah-tengah wilayah Ma...