Senin, 13 November 2017

Gua Maria Lembah Karmel Lembang

Sekarang saya akan sharing berwisata ke tempat religi, yaitu Gua Maria Lembah Karmel Lembang.
Gua Maria ini terletak di Jl. Karmel 2/51 Lembang, Bandung Barat. Bagi umat Katolik lembah karmel ini adalah tempat berdoa secara khusuk di ketinggian Jawa Barat yg sangat sejuk. Konon, bangunan awal di Gua Maria Karmel ialah sebuah gereja kecil serta asrama biarawati Belanda. Akan tetapi sejak Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya, semua berubah dan sekarang ini sudah tidak ada lagi biarawati Belanda ataupun asramanya. Akan tetapi, tempat wisata religi ini masih berdiri dengan indah sesudah dilakukan renovasi yang selesai pada tahun 1989.

Di Lembah Karmel terdapat dua “jalan kecil” untuk pengunjung yang akan memberikan sisi berbeda pada tempat ini. Di jalan pertama, pengunjung akan bisa melihat 14 patung berbeda-beda dari “Via Dolorosa” yang begitu terkenal. Sedangkan jalan kedua adalah jalan kecil menuju Gua Maria Karmel. Yang mana pengunjung dapat berdoa dengan khusuk dengan pemandangan bukit di depan area. Setiap hari Minggu pagi di jalan gerbang masuk gereja selalu terdapat ”pasar kaget”. Yang mana pengunjung bisa membeli sayuran serta buah-buahan yang berasal dari kebun milik penduduk sekitar Lembah Karmel.

Lembah karmel ini pada awalnya merupakan tempat pertapaan Romo Yohanes sesudah beliau pindah dari pertapaannya di Ngadireso, Malang. Nama Karmel didapat dari sarikat suster putri karmel, pengikut dari Romo Yohanes Indrakusuma, O. Carm. Romo Yohanes turun dari pertapaannya hanyalah pada hari – hari tertentu saja. Guna melayani umat yang datang. Sementara untuk sehari – hari, pelayanan dilakukan oleh frater – frater dari Carmelitae Eliae dibantu oleh umat yang lain. Lembah Karmel merupakan tempat yang sangatlah indah. Dan dikelilingi dengan bunga serta pepohonan yang membuat Lembah Karmel jadi tempat yang asri dan juga sejuk. Begitu cocok untuk teman – teman untuk melepas rasa jenuh serta lelah selama kegiatan sehari – hari di kota.
Lembah Karmel buka setiap hari, pukul 07:00-19:00. Gereja buka pada tiap hari, pukul 06:00 – 16:00. Jadwal misa: Senin-Jumat, pukul 6:30; Sabtu, pukul. 17:45; Minggu, pukul. 08:00.

Penjelasan saya mengenai unsur 5A
1. Accessibility :
-         Cara untuk menuju ke lembah karmel adalah dengan angkot. sebelum Pasar Lembang, ada papan petunjuk “Gua Maria Karmel”. (dan terdapat tepat pada sebelah Hotel Pesona Bambu). Dari terminal angkot Ledeng, dapat naik angkot yang menuju Lembang serta turun di Hotel Pesona Bambu (dengan tarif: Rp. 3.000) dalam waktu kira kira 20 menit.
-         Menggunakan mobil pribadi Dari Bandung kota berjarak 18 km menuju Lembang melewati jalan DR. Setiabudhi waktu tempuh sekitar 1jam 10menit, sebelum pasar Lembang, ada hotel Pesona Bambu, dan disamping hotel itu ada jalan yang menuju Gua Maria Karmel, juga terpampang papan namanya di mulut gang.

2. Accomodation :
-         The Raduant Villa and Function Halls
Berjarak 2 km dari Lembah Karmel. Dengan harga kamar Rp.405.000
-         The Green Forest Resort
Berjarak 2.1 km dari Lembah Karmel. Dengan harga kamar Rp. 438.308
-         Villa Nuansa Alam
Berjarak 1.3 km dari Lembah Karmel. ukuran villa 600 m2 dengan harga Rp 800.000
-         Jayagiri Guesthouse
Berjarak 0.8 km dari Lembah Karmel. Dengan harga kamar Rp. 325.000

3. Activity :
-         Berdoa dan memberi bunga kepada patung Bunda Maria
-         Dapat mengikuti misa di gereja sesuai jadwal
-         Pengunjung dapat membeli sayuran serta buah-buahan yang berasal dari kebun milik penduduk sekitar Lembah Karmel.

4. Attraction :
-         Pada masa Paskah dan Natal diadakan bazzar buku Rohani “Obor” yang dilaksanakan di dekat gereja

5. Amenities :
-         Toilet yang bersih
-         Mini market
-         Lahan parkir
-         Terdapat warung kecil yang menyediakan makanan di samping lokasi Gua Maria Lembah Karmel ini






4 komentar:

  1. Di lembah karmel ini tempatnya sangat khusuk dan sejuk karna berada di bukit, sangat cocok dan nyaman untuk berdoa. Memiliki tempat parkir yang luas jadinya muat banyak kendaraan.

    BalasHapus
  2. roknya pendek non (maaf masukan saja)

    BalasHapus
  3. Mohon ijin ke pada pengurus besok tgl 4 november 2018,saya mau berkumjung ke gua karamel lembang bandung 1 bus.

    BalasHapus
  4. Tempat favourite saya untuk berdoa

    BalasHapus

Hutan Taman Wisata Alam Gunung Meja

Satu lagi tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi di Papua Barat, yaitu Hutan Wisata Gunung Meja berada di Amban tengah-tengah wilayah Ma...